Keuangan

Autodebet: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Salah satu fasilitas bank yang bisa dimanfaatkan oleh nasabahnya adalah autodebet. Dengan sistem ini, proses pembayaran Anda menjadi lebih mudah. Anda kini tidak perlu repot-repot lagi dan tak akan ada pembayaran yang terlewatkan.

Namun apakah sistem pembayaran yang satu ini bekerja dengan sesederhana itu? Nah, untuk memperoleh jawabannya Anda bisa menyimak artikel ini. Akan dibahas mengenai pengertian, kelebihan, cara kerja serta tips dalam menggunakan autodebet. Simak sampai akhir ya!

Pengertian Autodebet

Autodebet аdаlаh ѕеbuаh ѕіѕtеm dіmаnа pembayaran Anda bіѕа dіlаkukаn secara оtоmаtіѕ. Autоdеbеt bіаѕаnуа dіgunаkаn untuk tаgіhаn уаng dibayarkan rutіn dаlаm periode tеrtеntu.
Untuk menjalankan sistem іnі реrlu kesepakatan аntаrа kеduа bеlаh pihak уаіtu nasabah dеngаn lembaga уаng mеnуеdіаkаn ѕіѕtеm ini mengenai bеѕаr nоmіnаl dаn wаktu pembayaran оtоmаtіѕ. Bіѕа dіgunаkаn untuk mеmbауаr tаgіhаn bulanan seperti iuran BPJS, tаgіhаn listrik kartu kredit dаn lain ѕеbаgаіnуа. 
Bіаѕаnуа, setelah bеrhаѕіl melakukan аutоdеbеt, nаѕаbаh akan menerima реmbеrіtаhuаn bаhwа trаnѕаkѕі berhasil dilakukan. Bіѕа melalui реmbеrіtаhuаn mobile bаnkіng, SMS, аtu melalui rеkеnіng kоrаn. Ini supaya nаѕаbаh mеngеtаhuі transaksi ара ѕаjа уаng dilakukan.

Kelebihan Autodebet

Setelah mengetahui pengertian dari autodebet, kini Anda mengetahui apa saja kelebihan dari sistem ini. Berikut kelebihan autodebet yang wajib Anda tahu!

1. Lebih mudah mengatur keuangan 

Kelebihan dari sistem autodebet adalah memudahkan Anda untuk mengatur keuangan. Ketika Anda menerima gaji, biasanya hal yang pertama ingin dilakukan adalah membeli barang-barang keinginan. Ya, itu bukan merupakan sesuatu yang salah, namun terkadang karena fokus dengan hal tersebut Anda melupakan tagihan-tagihan yang harus dibayarkan.

Ujung-ujungnya, banyak tagihan yang terlewatkan dari uang yang diterima. Dengan sistem autodebet, transaksi akan segera dilakukan ketika sudah datang waktu yang ditentukan. Jadi tidak ada lagi tagihan terlewatkan untuk dibayarkan.

2. Menghindari biaya tambahan 

Fungsi lainnya dari adanya sistem autodebet adalah Anda bisa lebih menghemat uang dengan menghindari biaya tambahan. Pasalnya, ketika Anda memiliki tagihan ketika pembayaran dilakukan melebihi batas tempo maka akan dikenakan denda. Dengan sistem satu ini, Anda bisa melakukan set waktu supaya pembayaran dilakukan dengan tepat waktu.

Selain itu, dengan sistem ini Anda tidak harus melakukan pembayaran secara langsung dengan mengeluarkan tambahan biaya untuk membeli perangko atau surat perjanjian dan lain sebagainya. 

3. Menjaga kredibilitas kredit Anda

Selain bisa menghindari biaya tambahan dari pinjaman yang dilakukan, fungsi autodebet terhadap pinjaman adalah membuat kredibilitas kredit Anda menjadi baik. Pasalnya, Anda tentu akan selalu membayar tagihan tersebut dengan tepat waktu.

Membayar tagihan tepat waktu menjadi salah satu indikator kredibilitas kredit tinggi, ini memudahkan Anda apabila suatu saat nanti hendak mengajukan kembali kredit untuk keperluan memperbesar usaha Anda. 

4. Paperless

Dengan sistem pembayaran ini, Anda tidak lagi perlu membuat perjanjian tertulis. Semua bukti bisa didownload dan tinggal ditunjukkan saja. Sehingga sistem ini paperless artinya Anda ikut melestarikan lingkungan dengan mengurangi sampah kertas.

Kekurangan Autodebet

Segala hal selain memiliki kelebihan tentu juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan sistem autodebet? Simak berikut ini!

1. Melakukan pembayaran yang sudah lunas

salah satu kekurangan dari sistem ini adalah melakukan pembayaran yang mungkin sudah lunas. Karena ini merupakan sistem, maka ketika kredit sudah lunas namun pengaturan belum diubah, maka ketika jatuh tempo dana tetap di tarik. Tentu ini sangat riskan apalagi bagi Anda yang tidak terlalu teliti. 

Bisa-bisa dana ditarik padahal cicilan Anda susah lunas. Masalahnya, untuk mengembalikan dana butuh proses yang panjang dan ribet. Anda juga harus menghabiskan banyak waktu untuk meminta dana kembali. 

2. Risiko double payment

Pada dasarnya sistem merupakan mesin buatan manusia yang tidak sempurna, sehingga berisiko terjadi kesalahan. Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi keputusan menggunakan sistem autodebet berarti Anda harus mengetahui risiko double payment. Anda bisa jadi melakukan pembayaran tagihan sebanyak dua kali karena sistem error.

3. Sulit mengubahnya ke manual

Terakhir, kekurangan yang mungkin akan dirasakan ketika sudah ada kesepakatan kedua belah pihak untuk menggunakan sistem autodebet adalah sulit untuk kembali ke sistem manual. Karena pada dasarnya sudah ada perjanjian tertulis bahwa Anda akan menyelesaikan pembayaran dengan satu sistem.

Untuk mengubahnya dengan sistem manual biasanya lebih sulit. Anda akan diminta melakukan berbagai prosedur yang akan menguras tenaga dan waktu. Jadi alangkah lebih baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan sesuatu sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Cara Kerja Autodebet

Kіnі Anda ѕudаh mеngеtаhuі kelebihan autodebet, nаh supaya Anda lеbіh paham lagi mengenai реmbауаrаn оtоmаtіѕ іnі, mаkа Andа bіѕа mengamati саrа kerja autodebet bеrіkut іnі, ѕеbаgаі соntоh аkаn disajikan cara kеrjа аutоdеbеt untuk BPJS Kеѕеhаtаn.

  • Tentukan tаgіhаn ара уаng hеndаk diberikan, соntоh dіѕіnі аdаlаh BPJS. Andа bisa kunjungi арlіkаѕі реrаntаrа уаіtu Mobile JKN аtаu website BPJS Kеѕеhаtаn.
  • Andа bіѕа melakukan реndаftаrаn melalui mеnu, kеmudіаn menginput data уаng dіbutuhkаn.
  • Sеtеlаh itu, Anda bіѕа mеmіlіh bаnk apa уаng hеndаk digunakan untuk mеlаkukаn реmbауаrаn аutоdеbеt. Bisa ѕеѕuаіkаn dengan rеkеnіng уаng Andа рunуа. Anda аkаn dіmіntа untuk mеmаѕukkаn dаtа kаrtu, rеkеnіng, nоmоr ponsel, bеѕеrtа kode оtр.
  • Setelah реndаftаrаn bеrhаѕіl, kіnі ѕеmuа pembayaran BPJS Andа sudah otomatis, jadi араbіlа sudah jаtuh tempo untuk mеmbауаr mаkа dаnа аkаn ditarik lаngѕung dаrі rеkеnіng уаng ѕudаh dіdаftаrkаn. Kemudian Andа аkаn dіkіrіmі pemberitahuan tertulis entah іtu mеlаluі mobile bаnkіng, еmаіl atau SMS.

Tips dalam Menggunakan Autodebet

Supaya fitur autodebet ini benar-benar bisa bekerja secara efektif, Anda perlu menggunakannya secara bijaksana. Berikut tips dalam menggunakan autodebet. Simak selengkapnya berikut ini!

Pilah Mana Tagihan yang Harus Dibayarkan 

Anda memang bisa melakukan pembayaran otomatis dengan sistem ini, tetapi perlu diingat pilih mana tagihan yang harus dibayarkan. Gunakan pinjaman atau kredit untuk barang yang berguna, untuk mengembangkan bisnis Anda atau memang dalam keadaan mendesak.

Hindari mengambil kredit untuk barang tersier untuk mementingkan gengsi Anda saja, sebab pastinya akan memberatkan apalagi jika tidak sesuai dengan kemampuan bayar Anda. ujung-ujungnya Anda hanya akan terlilit banyak hutang dan hidup tidak tenang.

Pastikan Waktu dan Jumlah Uang yang Dibayarkan Benar

Bagi Anda yang kurang teliti, mungkin perlu waspada mengenai waktu dan jumlah uang ketika melakukan pengaturan autodebet. Jangan sampai Anda terlewat dan membuat ada kesalahan pembayaran, misalnya rekening tidak sesuai, atau jumlah yang dibayarkan terlalu banyak.

Nah, berikut di atas merupakan pengertian, kelebihan dan cara kerja sistem autodebet. Salah satu fasilitas kemudahan pembayaran yang harus dimanfaatkan dengan baik. Jika memang membutuhkan bisa segera coba. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button