KeuanganCrypto

Panduan Untuk Pemula Cara Trading Cryptocurrency

Pasar cryptocurrency sangat cocok untuk para trader yang ingin memanfaatkan volatilitas harga token yang tinggi. Artikel ini bisa Anda jadikan sebagai panduan khususnya bagi pemula untuk belajar trading crypto dan menghasilkan keuntungan dari volatilitas harga crypto yang tinggi.

Kami juga akan memandu Anda mengenai cara trading crypto bagi pemula, mulai dari memilih exchanger sampai dengan melakukan trading cryptocurrency dengan menggunakan broker yang teregulasi.

Token Kripto Adalah?

Arti token kripto adalah token yang digunakan dalam ekosistem sebuah proyek berbasis blockchain. Token kripto inilah yang akan menjadi aset yang terdesentralisasi dan juga uang virtual yang dapat dijadikan sebagai alat investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Token kripto dan koin kripto memiliki perbedaan, salah satu perbedaan yang mencolok diantara keduanya adalah token kripto ini berjalan dengan cara menumpang pada sistem blockchain lain. Sedangkan koin kripto bisa berjalan di blockchainnya sendiri.

Sebagai contoh, koin kripto dari jaringan Ethereum adalah ETH, sedangkan Aave adalah token kriptonya, karena platform DeFi yang satu ini berjalan dengan menggunakan jaringan Ethereum.

Apa Itu Uang Kripto?

Uang kripto adalah mata uang digital yang berlaku pada suatu ekosistem blockchain. Cryptocurrency atau mata uang crypto juga merupakan aset digital yang bisa digunakan sebagai alat investasi yang bisa memberikan keuntungan besar, namun sebanding dengan tingkat kerugiannya yang mungkin saja diderita.

Kepopuleran mata uang kripto kini menjadi trend tersendiri dalam sebuah investasi. Bagi orang-orang yang menyukai investasi dengan risiko tinggi, mereka tentunya sangat bersemangat untuk melakukan diversifikasi portofolio crypto mereka dengan token-token presale. Karena berinvestasi pada token yang masih dalam masa presale dianggap jauh lebih menguntungkan. Apalagi jika token tersebut nantinya berhasil listing di bursa crypto.

Cara Trading Cryptocurrency Dalam 5 Langkah Mudah

Berikut ini ringkasan singkat cara trading cryptocurrency secara online serta langkah demi langkah yang harus Anda lakukan yaitu :

  • Langkah 1 – Pilih Platform Trading Kripto: Cryptocurrency trading tidak akan bisa dilakukan tanpa bantuan broker atau crypto exchanger. Salah satu crypto exchanger yang terpercaya dan sangat cocok untuk trading crypto pemula adalah OKX. Broker crypto trading ini sudah teregulasi sehingga aman untuk trader crypto yang memiliki modal minim. Selain itu platform trade crypto ini ramah pengguna sehingga bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh para pemula yang bahkan belum memahami benar apa itu trading crypto. Jadi Anda harus melakukan registrasi untuk mendapatkan akun dari platform crypto trading ini.
  • 💳Langkah 2 – Setor Dana: Anda juga perlu melakukan setoran sebelum trading kripto. Di OKX, Anda dapat menyetor dana dengan mudah melalui kartu debit/kredit atau pembayaran e-wallet dan juga wire transfer. Jika Anda menyetorkan dana dalam dolar AS ataupun mata uang crypto seperti Bitcoin, Ethereum dan juga Tether serta mata uang crypto lainnya.
  • 📖Langkah 3 – Teliti Pasar: Trading Cryptocurrency mengharuskan Anda untuk melakukan penelitian terhadap kondisi pasar untuk menemukan peluang investasi yang menguntungkan. Carilah aset digital yang nilainya masih murah namun memiliki potensi meningkat di masa yang akan datang.
  • 🔎Langkah 4 – Pilih Crypto yang akan diperdagangkan: Setelah Anda meneliti pasar, Anda dapat menggunakan kolom pencarian pada platform OKX untuk menemukan mata uang crypto yang ingin Anda perdagangkan. Ketika Anda menemukan pasangan crypto yang tepat, klik tombol ‘Trade’.
  • 🛒Langkah 5 – Cryptocurrency trading: Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemesanan perdagangan. Anda harus memasukkan jumlah deposit yang ingin Anda tukar dengan altcoin yang Anda inginkan dengan cara klik tombol ‘Buka Perdagangan’. Anda bisa melakukan trading crypto di OKX setiap hari, hal ini dikarenakan tingkat likuiditas pada pasar crypto ini memang cukup tinggi.

Seperti pada ringkasan singkat cara trading crypto di atas, kita dapat mengetahui cara trading crypto bagi pemula tidaklah sulit.

Akan tetapi, sebelum terjun dan menjadi trader crypto, akan lebih baik jika Anda mengetahui ilmu trading crypto dengan cara mempelajarinya terlebih dahulu. Karena kunci utama kesuksesan trading crypto adalah mengenal aset crypto yang akan Anda beli untuk investasi. Anda juga harus memahami cari kerja pasar crypto, cara trading altcoin dan bagaimana cara menemukan token yang bagus untuk investasi jangka panjang.

Tempat Trading Cryptocurrency

Salah satu kunci utama dalam crypto trading adalah menemukan pertukaran crypto yang tepat, meskipun tampak sepele, namun Anda harus memastikan bahwa broker atau crypto exchanger yang akan Anda gunakan memang sudah teregulasi, sehingga Anda bisa melakukan transaksi dengan aman.

Selain itu, platform ini juga akan memberi Anda akses langsung ke pasar perdagangan mata uang crypto. Selain itu ada beberapa hal yang juga perlu Anda pertimbangkan, mulai dari biaya layanan, jumlah pasangan mata uang crypto yang didukung, jumlah minimum deposit dan juga tingkat keamanan broker.

Bagi Anda yang tertarik ingin belajar trading crypto dan menemukan broker atau exchanger terbaik, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa platform trading crypto berikut ini:

OKX – Platform Trading Populer Tahun 2023

Dengan lebih dari 20 juta pengguna dan tersebar ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia. OKX menjadi salah satu platform crypto trading yang terbesar di dunia.

Ulasan OKX ini menyoroti beberapa fitur utama dalam platform, termasuk pertukaran terpusat dan terdesentralisasi, pinjaman crypto, serta opsi perdagangan margin untuk aset digital.

Untuk lebih memahami salah satu platform trading crypto yang populer ditahun ini, artikel ini akan menjadi sumber informasi bagi Anda untuk mengenal lebih jauh tentang OKX yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi partner trading kripto Anda.

OKX diluncurkan sejak tahun 2014 lalu, crypto exchanger ini bermarkas di Seychelles dan mampu membangun reputasi yang positif. Bahkan CoinGecko menempatkan OKX pada urutan ke 2 sebagai exchanger crypto yang bisa dipercaya.

Platform untuk trading crypto pemula ini juga memiliki tampilan yang ramah bagi pengguna, jadi trade crypto maupun bitcoin trading dapat dilakukan dengan mudah bahkan oleh orang yang belum memahami apa itu trading crypto sekalipun.

Sebagai crypto exchanger yang cukup populer, OKX menawarkan banyak sekali opsi perdagangan seperti perdagangan spot crypto, perdagangan opsi berjangka dan juga perdagangan dengan margin khusus. OKX juga mendukung perdagangan cryptocurrency terpusat (CEX) dan juga pertukaran yang terdesentralisasi (DEX).

Jadi Anda bisa memilih menggunakan platform terpusat atau terdesentralisasi. Perbedaan kedua platform ini hanyalah pada kewajiban verifikasi saja, jika Anda menggunakan platform terpusat, maka wajib bagi Anda untuk melakukan verifikasi KYC. Namun jika Anda memilih platform yang terdesentralisasi, maka Anda tidak perlu melakukannya.

Sebagai salah satu platform cryptocurrency terbesar di dunia, OKX mampu menarik lebih dari 20 juta pengguna aktif dengan menawarkan platform perdagangan yang mudah untuk digunakan baik dalam pembuatan akun, deposit hingga transaksi perdagangan crypto.

Ada lebih dari 350 jenis aset crypto yang dapat diperdagangkan disini. Dan bagi Anda yang tertarik untuk trading meme coin populer seperti TAMA, Anda juga dapat membelinya disini.

Jumlah crypto350+
Komisi TradingMulai dari 0,015%
Metode pembayaranMaster Card, Visa, Apple Pay, Transfer Bank
Deposit minimum10$

Kelebihannya:

  • Teregulasi
  • Komisi rendah
  • Cocok untuk pemula
  • Deposit minimum yang rendah
  • Ada lebih dari 350 jenis crypto yang dapat diperdagangkan
  • Metode pembayaran yang beragam

Capital.com – Broker Multi Aset

Capital.com adalah broker multi-aset yang teregulasi dan berkantor di beberapa negara di dunia seperti di Inggris, Siprus, Australia, Seychelles, dan juga Gibraltar.

Broker satu ini bahkan sudah memiliki lebih dari 500.000+ pengguna yang melakukan transaksi perdagangan dan juga berinvestasi di Capital.com.

Capital.com merupakan platform trade crypto yang kuat dan sudah teregulasi dengan baik. Jadi wajar jika hingga saat ini banyak sekali orang yang menggunakan platform ini untuk bitcoin trading ataupun cryptocurrency trading.

Crypto adalah kelas aset yang cukup menarik perhatian investor muda. Jadi tidak heran jika anak-anak muda yang mendominasi instrumen investasi yang satu ini. Cara trading cryptocurrency juga tergolong mudah dan dapat dipelajari, selain itu tingkat pengembalian yang cukup tinggi menarik perhatian banyak investor baru.

Bahkan investor yang tidak memiliki ilmu trading crypto sekalipun banyak yang tertarik untuk mencoba investasi ini. Bahkan mereka juga menyempatkan waktu untuk memahami apa itu trading crypto.

Capital.com menjadi salah satu broker crypto yang cukup terkenal dan banyak digunakan saat ini. Broker ini bukan hanya menawarkan trading crypto saja, namun Anda juga bisa melakukan perdagangan CFD crypto dengan 477 aset crypto tambahan dan tentunya aman karena Capital.com memiliki lisensi untuk menawarkan crypto di Inggris.

Selain crypto, Anda juga bisa berinvestasi pada ETF, Stock, forex, indeks dan juga komoditi. Jadi sudah jelas bahwa hanya dengan menggunakan satu platform ini, Anda bisa mendapatkan beberapa layanan dengan beragam produk investasi yang berbeda.

Jumlah aset5000+
Komisi TradingBeragam
Metode pembayaranMaster Card, Visa, Apple Pay, Transfer Bank, dan digital wallet
Deposit minimum20$

Kelebihannya:

  • Teregulasi
  • Bisa copy trading
  • Metode pembayaran yang beragam
  • Jumlah aset dan jenis investasi yang beragam
  • Bebas biaya penarikan dan deposit
  • Ramah pengguna

Binance – Pertukaran Crypto Dengan Biaya Rendah

Jika Anda tertarik untuk trade crypto, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan Binance sebagai pertukaran crypto yang teregulasi dan sangat terpercaya. Pertukaran crypto yang satu ini menempati posisi pertama sebagai pertukaran crypto terbesar di dunia dan juga banyak digunakan oleh investor yang tersebar di seluruh dunia.

Bagi trader crypto pemula yang mencari platform pertukaran crypto dengan tingkat likuiditas yang tinggi, maka Anda harus mencoba Binance. Bahkan crypto exchanger yang satu ini mampu menarik volume perdagangan hingga puluhan miliar dolar setiap harinya.

Ada lebih dari 600 jenis cryptocurrency yang dapat diperdagangkan dengan menggunakan platform yang satu ini. Dan untuk metode pembayaran, ada banyak sekali jenis metode pembayaran yang disediakan, mulai dari kartu kredit/debit sampai dengan transfer bank. Jika Anda menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan deposit, Anda akan dikenakan biaya sebesar 4,5% dan Anda juga harus membayar komisi pembelian sebesar 0,5%. Akan tetapi jika Anda memiliki BNB (token utilitas asli milik Binance) maka komisi yang ditawarkan akan lebih rendah.

Dengan menggunakan Binance, Anda bisa melakukan trading dengan menggunakan smartphone Anda. Tampilannya yang menarik dan ramah pengguna, membuat cara trading altcoin Anda jauh lebih mudah dan sederhana. Anda dapat melakukan bitcoin trading dimana saja dan kapan saja selama perangkat Anda terhubung dengan internet.

Dalam hal penyimpanan, Binance memiliki fungsi ganda, selain sebagai platform trading crypto, Binance juga dapat digunakan sebagai dompet crypto. Anda juga dapat mengunduh Trust Wallet yang didukung oleh Binance, jika Anda memerlukan opsi penyimpanan non-penahanan.

Jumlah aset5000+
Komisi TradingBeragam
Metode pembayaranMaster Card, Visa, Apple Pay, Transfer Bank, dan digital wallet
Deposit minimum20$

Kelebihannya:

  • 80+cryptocurrency yang dapat diperdagangkan di AS
  • Komisi perdagangan rendah
  • Aplikasi perdagangan seluler baik iOS dan Android
  • Cocok untuk trader profesional dan memahami analisis teknikal

Gambaran Umum – Penjelasan Tentang Trading Cryptocurrency

Pada dasarnya cara trading crypto maupun cara trading alcoin hampir sama dengan instrumen investasi lainnya seperti saham atau obligasi yang diperdagangkan di bursa. Tujuan dari investasi crypto ini tentunya keuntungan. Akan tetapi sebelum melakukan trading crypto, Anda harus melakukan analisis terlebih dahulu dan juga menentukan token crypto mana yang layak Anda beli.

Crypto trading adalah transaksi perdagangan mata uang crypto baik jangka panjang maupun jangka pendek. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Selama Anda bisa memprediksi kemana arah pergerakan pasar, maka selama itu juga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi ini.

Nilai token yang bisa berubah setiap saat dan cukup fluktuatif ini menarik bagi para investor yang menyukai tantangan dan juga menghadapi risiko tinggi. Bahkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi crypto mulai dari puluhan persen hingga ratusan persen. Dan untuk mengakses pasar cryptocurrency ini, Anda harus menggunakan jasa sebuah broker atau crypto exchanger.

Mengingat pasar ini bergerak sangat fluktuatif maka cara trading crypto bagi pemula yang aman yaitu dengan tetap melakukan diversifikasi portofolio. Jangan pernah ragu untuk melakukan cut loss jika tingkat kerugian dirasa sudah tidak bisa ditolerir lagi, karena biasanya butuh waktu yang lama agar harga crypto bisa kembali keposisi semula.

Bagaimana Cara Trading Crypto?

Berikut ini merupakan dasar-dasar cara trading cryptocurrency yang wajib diketahui oleh para pemula, karena hal ini merupakan bagian dari informasi dasar trading crypto.

Pasangan Crypto

Saat ingin melakukan trading crypto, maka Anda akan menemukan pasangan mata uang crypto yang dapat Anda perdagangkan. Pertukaran crypto seperti OKX saja memiliki setidaknya 350 lebih pasangan crypto yang siap untuk diperdagangkan. Pasangan crypto ini biasanya berisi 2 jenis mata uang yang berbeda, baik mata uang crypto maupun uang fiat.

Mata uang crypto yang kerap kali menjadi pasangan adalah stable coin seperti USDT atau BUSD dan juga mata uang crypto populer seperti BTC atau ETH. Namun untuk pasangan uang fiat, ada banyak sekali mata uang dari berbagai negara mulai dari USD, EUR, GBP, TRY bahkan IDR.

Tips trading crypto pemula yaitu mulailah trading pada pasangan crypto yang populer misalnya BTC/USD atau ETH/USD, selain tingkat likuiditasnya tinggi, pasangan mata uang crypto ini sangat cocok bagi pemula yang belum memahami tentang crypto.

Cara Memasang Order

Agar trading crypto Anda bisa berhasil dengan sempurna, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara memasang order dengan benar. Cara memasang order pada trading crypto adalah dengan mencari pasangan mata uang crypto yang kita inginkan di kolom pencarian.

Setelah pasangan crypto tersebut ditemukan, Anda bisa memasang order, baik dengan menggunakan harga instant maupun harga yang Anda atur sendiri. Masukkan jumlah order yang Anda inginkan dan dapat disesuaikan dengan jumlah deposit yang Anda miliki.

Trading Crypto Vs Investasi

Saat Anda berinvestasi pada cryptocurrency, umumnya Anda akan melakukan investasi jangka panjang. Hal ini berarti Anda akan membeli mata uang crypto dan menyimpan token tersebut di dompet crypto Anda selama beberapa bulan hingga tahunan.

Dengan demikian, tidak ada persyaratan untuk secara aktif dalam menganalisis harga cryptocurrency dan juga tren pasar. Perdagangan Cryptocurrency mengambil pendekatan investasi yang berbeda. Untuk investasi jangka pendek, tentunya Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar pasar.

Pada umumnya banyak orang trading crypto untuk investasi jangka pendek, sedangkan investasi crypto dilakukan untuk jangka panjang. Jika Anda membeli crypto dan menjualnya kembali dengan jangka waktu beberapa jam saja, artinya Anda melakukan trading. Namun jika Anda membeli crypto dan menyimpannya dalam jangka waktu lebih dari 24 jam, artinya Anda melakukan investasi.

Intinya, untuk menjadi trader crypto, Anda harus secara aktif memantau dan menganalisis pasar sehingga bisa menemukan waktu yang paling tepat untuk masuk dan keluar pasar. Sedangkan investasi tidak mengharuskan Anda untuk selalu mengecek kondisi pasar, karena tujuan Anda adalah investasi jangka panjang.

Mengapa Trading Cryptocurrency?

Ada banyak aset yang bisa Anda perdagangkan sebagai bagian dari strategi investasi jangka pendek seperti trading saham, forex, dan bahkan komoditas seperti minyak dan juga emas.

Namun ada beberapa alasan yang mungkin bisa membantu Anda dalam memutuskan untuk trading crypto jika dibandingkan dengan instrumen keuangan konvensional lainnya, yaitu :

Keanekaragaman Pasar

Sebenarnya pasar crypto ini sangat mirip dengan saham, ada ribuan cryptocurrency yang dapat Anda beli dan jual di pasar terbuka. Jadi Anda tidak akan pernah kekurangan peluang untuk trading.

Selain itu, ada cryptocurrency yang sesuai dengan semua tujuan keuangan dan selera risiko. Misalnya, jika Anda belajar cara trading mata uang crypto sebagai pemula, maka akan lebih baik jika Anda memilih crypto dengan fundamental yang stabil dan juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar seperti Bitcoin, Ethereum, ataupun BNB.

Namun Anda juga bisa menemukan mata uang crypto yang memiliki tingkat volatilitas yang tinggi dengan harganya masih terjangkau dan sangat murah seperti Compound, Chiliz, Enjin, dan Dash. Masing-masing proyek crypto ini memiliki kapitalisasi pasar di bawah $2 miliar. Akan tetapi jika Anda benar-benar ingin mengambil risiko tinggi, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk trading mata uang crypto mikro yang memiliki kapitalisasi pasar di bawah $100 juta.

Volatilitas

Salah satu alasan banyak orang melakukan investasi jangka pendek pada mata uang crypto adalah tingkat volatilitasnya yang tinggi. Bukan sesuatu yang aneh jika cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar yang lebih kecil nilainya bisa meningkat beberapa ratus persen hanya dalam satu hari perdagangan. Di sisi lain, nilai mata uang crypto juga dapat turun lebih dari 90% dalam jangka waktu yang sama.

Perubahan harga yang begitu besar tidak akan cocok bagi para pemula yang baru masuk ke dunia trading. Untuk pemula akan lebih aman jika memilih investasi pada Bitcoin atau Ethereum, yang nilainya bergerak kurang dari 10% dalam kurun waktu 24 jam.

Potensi Pertumbuhan Besar

Di crypto, trader jangka pendek juga dapat menargetkan keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat.

  • Misalnya, Anda mempertaruhkan $2.000 di STEPN.
  • Saat Anda membuka perdagangan pada 12 April 2023, harga STEPN $2,20 per token.
  • Pada 19 April 2023, STEPN diperdagangkan pada $3,34.
  • Dengan demikian, hanya dalam tujuh hari perdagangan, nilai posisi Anda meningkat lebih dari 50%.
  • Ini berarti bahwa dengan modal sebesar $2.000, Anda mendapatkan keuntungan sebesar $1.000.

Contoh ini hanyalah salah satu dari sekian banyak kasus yang terjadi pada crypto. Poin utamanya adalah bahwa pasar mata uang crypto menyediakan banyak peluang perdagangan dengan pertumbuhan tinggi setiap harinya.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Trading Crypto?

Ada berbagai macam cara untuk menghasilkan uang dari trading mata uang crypto.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu :

Keuntungan Modal Perdagangan Cryptocurrency

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari transaksi crypto adalah capital gain yang mengacu pada keuntungan yang diperoleh dari dari posisi trading tertentu. Keuntungan ini didapatkan jika harga beli yang berada dibawah harga jual. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah simulasi perhitungannya:

  • Anggap saja Anda mempertaruhkan $1.000 pada ETH/USD
  • Saat Anda melakukan pemesanan, ETH/USD dihargai $2.900
  • Beberapa hari kemudian, harga ETH/USD telah meningkat menjadi $3.100
  • Artinya keuntungan yang Anda dapatkan sebesar 6,8%
  • Pada taruhan $1.000, keuntungan modal pada posisi ini sebanyak $68

Selain mendapatkan keuntungan, trading pada pertukaran crypto mewajibkan Anda untuk membayar biaya komisi. Oleh sebab itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya komisi dari masing-masing pertukaran crypto dan pilihlah pertukaran crypto dengan komisi paling kecil.

Provider Likuiditas

Cara lain untuk bisa menghasilkan crypto adalah dengan menjadi provider likuiditas, artinya Anda akan menyewakan aset crypto yang Anda miliki dan menguncinya dalam jaringan dengan menggunakan kontrak pintar.

Crypto milik Anda akan dikunci selama periode tertentu dan sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan bunga yang akan dibayar oleh Bursa. Selama dalam proses penguncian, crypto Anda akan ditempatkan pada kumpulan likuiditas. Strategi ini sangat ampuh untuk mendapatkan uang dari crypto apalagi disaat pasar sedang dalam masa bearish seperti ini.

Cara Lain untuk Menghasilkan Uang

Selain beberapa poin di atas, Anda juga bisa menghasilkan uang dari trading cryptocurrency melalui:

  • Staking crypto
  • Akun bunga crypto
  • Investasi crypto jangka panjang

Jam Perdagangan Cryptocurrency

Pasar crypto beroperasi selama 7 hari dalam seminggu dan 24 jam dalam sehari, artinya pasar ini tidak akan pernah tutup. Berbeda dengan bursa saham yang umumnya memiliki jam kerja tertentu, mulai dari hari senin hingga jumat saja.

Dengan memperdagangkan mata uang crypto, artinya Anda akan mendapatkan eksposur ke pasar yang tidak pernah tutup. Jadi Anda bisa masuk dan mengambil posisi beli atau jual selama 24 jam penuh dalam sehari dan 7 hari dalam minggu. Akan tetapi biasanya volume perdagangan akan turun secara signifikan selama akhir pekan. Sehingga menghasilkan kesenjangan harga yang lebih luas dan tingkat likuiditas yang lebih rendah.

Sebagai seorang pemula Anda bisa mempelajari cara trading crypto dan sebaiknya menghindari trading pada akhir pekan. Anda bisa memulai trading pada hari Senin hingga Jumat karena sebagian besar aktivitas perdagangan dilakukan pada hari itu.

Pergerakan Harga Crypto

Harga crypto digerakkan oleh permintaan dan penawaran. Namun, pasar crypto tidak seperti pasar saham tradisional, tidak ada bursa terpusat tunggal seperti NYSE atau NASDAQ. Jadi cryptocurrency ini diperdagangkan di berbagai crypto exchanger yang tersebar di seluruh dunia.

Meskipun banyak sekali exchanger yang memperdagangkannya, akan tetapi perbedaan harga crypto antar exchanger ini hanya sedikit saja. Misalnya saat artikel ini ditulis (16/11), harga BTC/USDT di OKX sebesar $16.926,30 sedangkan di Capital.com harga BTC/USDT dihargai sebesar $16.946,95 per tokennya. Artinya hanya ada 0,0011% perbedaan diantara keduanya.

Namun jika Anda ingin mengetahui berbagai harga crypto dari 300 bursa crypto yang ada di dunia, maka Anda bisa melihatnya di CoinMarketCap.

Cryptocurrency Terbaik Untuk Diperdagangkan

Menurut CoinMarketCap, saat ini ada lebih dari 19.000 mata uang crypto yang ada di pasar. Dengan semakin banyaknya mata uang crypto, maka para investor akan semakin kesulitan untuk menemukan cryptocurrency terbaik untuk diperdagangkan.

Namun, kami telah merangkum beberapa cryptocurrency yang layak untuk dipertimbangkan dan masuk ke dalam portofolio investasi Anda, antara lain :

FightOut

Tahun depan, token asli FightOut, $FGHT, akan tersedia untuk diperdagangkan di bursa. Sebagian besar pasokan token akan disimpan di luar lokasi oleh perusahaan, yang berarti akan lebih berharga saat diperdagangkan.

Ketika $FGHT diperdagangkan di bursa, permintaan token akan meningkat karena akan ada banyak investor baru yang akan terpapar. Untuk menghindari harga tinggi, investor harus membeli token $FGHT saat masih dalam presale.

Presale FightOut berada di tahap 1, yang berarti Anda dapat membeli token masing-masing seharga $0,016. Investor awal akan mendapatkan bonus berdasarkan investasi dan periode vesting mereka, jadi sebaiknya beli token sekarang sebelum harganya naik. Presale adalah cara untuk membeli token FightOut dengan harga diskon, sementara ICO yang akan datang memiliki lebih banyak token yang tersedia.

Ketika FGHT go public, investor akan sangat ingin membelinya. Tetapi orang juga dapat menggunakan aplikasi seluler untuk mendapatkan hadiah karena aktif. Pengguna diberi hadiah dengan mata uang dalam game yang disebut “REPS” untuk menyelesaikan latihan dan tantangan. REPS dapat ditukar dengan merchandise, aset virtual, atau konsultasi dengan pelatih pribadi.

Koin ini memiliki ICO, dan investor dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan menonton grup Telegram dan membaca whitepaper.

Dash 2 Trade

Dash 2 Trade merupakan platform yang dikhususkan sebagai sumber informasi bagi para trader crypto. Anda juga bisa mendapatkan sinyal trading dan analisis teknikal untuk crypto melalui dasbor platform ini.

Meskipun bisa diakses secara gratis, namun jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi lebih dalam seperti sinyal trading, maka Anda wajib berlangganan.

Untuk menjadi pelanggan pada platform ini, Anda harus membayar dengan menggunakan token D2T. D2T merupakan utilitas asli dari Dash 2 Trade yang akan digunakan untuk semua aktivitas dan ekosistem pada proyek crypto yang satu ini.

Anda tidak perlu khawatir, karena informasi crypto yang diberikan tentu saja berasal dari para profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi untuk mendapatkan keuntungan saat trading crypto, tidak ada salahnya jika Anda mencari informasi seputar sinyal trading melalui platform ini.

Saat ini token D2T sedang dalam fase presale. Token ini termasuk salah satu token yang cukup diminati oleh para investor. Untuk membeli 1 token D2T Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 0,0513 USDT, artinya hanya dengan 1 USDT saja Anda sudah bisa mendapatkan setidaknya 19 token D2T. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat whitepaper atau mengikuti saluran Telegram D2T.

RobotEra

RobotEra merupakan metaverse era baru, dimana Anda bisa membangun planet bernama Taro sesuai dengan keinginan Anda. Untuk berpartisipasi dalam membangun peradaban Taro, Anda akan diwakili oleh NFT robot, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas di planet tersebut.

Utilitas asli untuk menjalankan ekosistem yang ada pada planet Taro ini adalah $Taro. Anda bisa memiliki tanah virtual di RobotEra serta membangun fasilitas publik disana. Bagi kreator NFT, Anda juga bisa menggelar pameran disana.

Dan bagi Anda yang memiliki lahan strategis, maka Anda bisa menyewakan lahan tersebut untuk konser musik virtual ataupun membuat papan iklan.

Token $Taro saat ini masih dalam masa presale perdananya. 1 token $Taro dijual dengan harga 0,020 USDT, artinya hanya dengan 1 USDT saja, Anda sudah bisa mendapatkan 50 token $Taro. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca whitepaper RobitERa atau langsung saja mengunjungi website resminya.

IMPT

Bagi Anda yang tertarik dengan proyek crypto yang sangat ramah lingkungan, maka sebaiknya Anda tidak boleh melewatkan proyek crypto yang satu ini. IMPT menjadi proyek crypto penyeimbang karbon dengan memanfaatkan teknologi blockchain.

Jadi dengan adanya teknologi blockchain ini, maka transaksi penjualan kredit karbon dapat dilakukan selama 24/7 tanpa khawatir adanya kecurangan dan pencatatan ganda.

IMPT sudah didukung oleh lebih dari 10.000 perusahaan mitra untuk menyukseskan proyek ini. Sebagai individu Anda juga bisa berpartisipasi dalam proyek yang satu ini. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu berbelanja produk-produk perusahaan mitra dengan menggunakan aplikasi IMPT. Setelah transaksi selesai, Anda akan mendapatkan token IMPT.

Token ini bisa ditukar dengan NFT kredit karbon ataupun bisa disimpan sebagai investasi. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi pada token ini, Anda bisa membelinya langsung di website resminya, karena token ini masih dalam masa presale. 1 IMPT dijual dengan harga 0,023 USDT per tokennya.

Shiba Inu

Meskipun berbeda dengan beberapa token di atas yang masih dalam masa presale. Shiba Inu justru sudah lebih lama listing di berbagai exchanger. Token meme yang satu ini cukup populer mengikuti kepopuleran Dogecoin.

Token meme populer ini harganya akan selalu mengikuti para spekulan pasar. Bagaimanapun token ini sebenarnya tidak memiliki nilai nyata, hanya saja karena memiliki komunitas dan popularitas yang tinggi, maka permintaan akan token ini juga mengikuti.

Jadi tidak heran jika token ini banyak diburu oleh investor yang menyukai volatilitas tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa shiba inu saat ini sudah listing di berbagai exchanger terkenal seperti OKX ataupun Capital.com. Jadi jika Anda tertarik dengan token yang satu ini, maka Anda bisa membelinya di exchanger tersebut.

Bitcoin

Salah satu token yang aman untuk trading crypto adalah bitcoin. Bagaimanapun bitcoin menjadi cikal bakal mata uang crypto baru yang ada saat ini. Bitcoin menjadi cryptocurrency no 1 di dunia baik secara popularitasnya maupun kapitalisasi pasarnya.

Meskipun musim dingin crypto nampaknya belum juga usai, namun banyak orang yang masih tertarik untuk berinvestasi pada mata uang crypto yang satu ini. Hampir semua crypto exchanger maupun broker cryptocurrency menjual token ini.

Jadi Anda tentu saja tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkan token ini. Saat artikel ini ditulis (16/11) harga bitcoin berada di kisaran harga $16.926 per tokennya.

Strategi Trading Mata Uang Crypto

Sebelum memutuskan untuk trading crypto, akan lebih baik jika Anda mengetahui strateginya. Dengan demikian maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari trading crypto ini maksimal. Berikut ini ada beberapa strategi trading yang cocok untuk pemula, antara lain :

Manajemen Bankroll

Bahkan sebelum Anda menempatkan posisi perdagangan cryptocurrency pertama Anda, Hal yang paling penting untuk dipahami adalah manajemen bankroll. Manajemen bankroll ini mengacu pada jumlah maksimum uang yang dapat Anda pertaruhkan dalam satu kali perdagangan.

Jumlahnya dapat ditentukan dalam persentase, terhadap saldo akun Anda saat ini. Sebagai contoh:

  • Misalkan Anda memiliki $2.000 di akun pertukaran crypto Anda.
  • Anda memutuskan ingin tetap menggunakan strategi bankroll 2%, artinya Anda tidak dapat mengambil risiko kerugian lebih dari $40 per perdagangan.
  • Dengan demikian, saat saldo akun Anda meningkat, ukuran maksimum taruhan Anda juga akan meningkat.
  • Misalnya, Anda telah membuat saldo hingga $3.000.
  • Dalam skenario ini, saat ini Anda dapat mengambil risiko hingga $60 per trading.

Jadi jika Anda mengalami kerugian yang berkepanjangan, uang Anda akan terlindungi, paling tidak karena taruhan maksimum Anda akan berkurang. Misalnya, jika saldo Anda turun menjadi $1.000, pada 2%, Anda hanya dapat mempertaruhkan maksimal $20 saja.

Stop-Loss Order

Strategi lain yang umumnya digunakan dan diterapkan oleh para trader cryptocurrency berpengalaman adalah memastikan bahwa stop-loss order selalu diterapkan. Perlu Anda ketahui bahwa dengan memasang stop loss maka Anda tidak akan pernah kehilangan banyak uang dalam satu posisi trading.

  • Misalnya, Anda ingin membatasi potensi kerugian Anda hingga 5%
  • Anda memutuskan untuk mengambil risiko $1.000 pada BTC/USD dengan harga $50.000
  • Jadi Anda harus memasang stop-loss pada harga bitcoin di $47.500

Sesuai contoh di atas, jika BTC/USD turun dan mencapai harga $47.500, perdagangan Anda akan ditutup secara otomatis. Hal ini dapat mencegah Anda mengalami kerugian lebih lanjut. Dengan demikian, kerugian terbesar Anda pada trading BTC/USD $1.000 adalah 5% atau $50.

Take Profit Order

Selain stop-loss order, Anda juga harus mengunci target profit Anda saat harga crypto yang Anda tradingkan tercapai. Hal ini sangat penting karena pasar perdagangan cryptocurrency dapat bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi.

  • Jika Anda tidak memantau pasar selama 24/7, Anda mungkin kehilangan kesempatan yang paling tepat untuk keluar dari pasar dalam keadaan profit maksimal.
  • Cara termudah untuk mencapai strategi ini adalah melalui take-profit order.
  • Sistem kerja take-profit order sama persis seperti stop-loss order.
  • Anda hanya perlu menginstruksikan exchanger Anda dengan memasang harga yang Anda inginkan agar pesanan take profit bisa dieksekusi.

Misalnya, Anda ingin trading $1.000 pada BTC/USD dengan harga masuk $20.000. Anda ingin mendapat untung 20% dari posisi ini. Dengan demikian, Anda perlu menetapkan pesanan take-profit Anda menjadi $24.000.

Manfaatkan Penurunan Pasar

Biasanya harga cryptocurrency bergerak selaras satu sama lain. Artinya, ketika pasar sedang bullish, banyak cryptocurrency mengalami tren kenaikan yang berkepanjangan.

Demikian pula, ketika pasar sedang bearish, sebagian besar mata uang crypto akan memasuki siklus penurunan.

  • Artinya Anda dapat memanfaatkan penurunan tren pasar dengan memasukkan posisi beli pada mata uang crypto bermutu tinggi.
  • Dengan demikian, Anda akan memasuki pasar dengan harga diskon.
  • Misalnya, BTC/USD tertinggi sepanjang masa sebelumnya adalah lebih dari $68.000.
  • Sejak mencapai titik tertinggi ini, BTC/USD telah mengalami koreksi pasar yang berkepanjangan bahkan turun di bawah $20.000.

Saat memasuki posisi pada titik harga terendah ini, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan mungkin saja terjadi.

Perdagangkan Cryptocurrency Secara Pasif

Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk menganalisis harga cryptocurrency, mungkin akan lebih baik jika Anda mencari alat investasi pasif. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan tanpa harus melakukan trading secara aktif.

Staking ataupun farming adalah beberapa contoh investasi crypto pasif yang bisa Anda lakukan. Apalagi di saat musim dingin crypto melanda seperti ini. Anda bisa mendapatkan bunga dari hasil penguncian token crypto Anda tanpa harus menghadapi risiko tinggi.

Trading Crypto Harian

Trading Crypto harian adalah strategi khusus yang mengharuskan Anda untuk masuk dan keluar pasar dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Artinya Anda harus menargetkan keuntungan yang lebih kecil namun tetap konsisten saat trading.

Karena trading harian ini merupakan trading jangka pendek, maka Anda harus memasang stop-loss dan take-profit untuk menghindari tingkat kerugian di luar batas toleransi kerugian yang bisa Anda terima. Untuk trading pada mata uang crypto secara harian, maka Anda harus melakukan penelitian dan fokus pada analisis teknis sebelum memutuskan untuk memasuki pasar.

Selain itu, Anda harus mencari historis tren harga dan bagaimana historis harga tersebut dapat mempengaruhi arah pergerakan harga masing-masing mata uang crypto di masa depan.

Apakah Trading Cryptocurrency Aman?

Perlu Anda ketahui bahwa trading crypto merupakan salah satu jenis investasi dengan risiko tinggi. Namun ada beberapa langkah penting yang harus Anda ketahui sebelum trading crypto.

Pertama dan yang terpenting, mayoritas platform perdagangan cryptocurrency tidak berlisensi. Dengan demikian, jika Anda menggunakan platform yang tidak berlisensi, maka risiko kehilangan dana yang mungkin saja terjadi cukup besar.

Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan crypto exchanger yang sudah teregulasi, salah satunya adalah OKX. Dengan OKX maka dana investasi Anda akan jauh lebih aman dan terlindungi..

Selanjutnya, Anda perlu memikirkan resiko kehilangan uang dari aktivitas trading Anda. Kami sudah membahas ini pada manajemen bankroll dan memastikan bahwa perintah stop-loss dan take-profit harus selalu diterapkan. Dan jangan pernah untuk mengabaikannya jika Anda tidak ingin kehilangan uang Anda yang diakibatkan oleh kerugian dan kesalahan dalam mengambil posisi saat trading.

Tindakan keamanan lain yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana cara penyimpanan mata uang crypto. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyimpan mata uang crypto. Namun, jika saat Anda memilih untuk menggunakan platform perdagangan, penyedia layanan (broker/pertukaran crypto) akan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan mata uang digital Anda.

Misalnya jika Anda menggunakan OKX, maka OKX yang akan menjamin keamanan dompet crypto Anda. Namun Anda juga turut bertanggung jawab jika terjadi kelalaian dalam menyimpan kata sandi sehingga akun Anda bisa dibobol oleh hacker.

Cara Trading Cryptocurrency – Tutorial OKX

Hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum crypto trading adalah menemukan broker atau crypto exchanger yang tepat. Berikut ini adalah tutorial untuk membuka akun di OKX yang dikhususkan untuk para pemula.

Langkah 1: Buat Akun OKX

Kunjungi situs web OKX dan buat akun baru. Masukkan nomor telepon Anda, alamat email dan buat kata sandi untuk akun tersebut.

Lalu Klik ‘Daftar’ dan konfirmasi pendaftaran akun setelah memasukkan kode (kode akan dikirim melalui Email/SMS).

Langkah 2: Verifikasi Identitas

Sebelum membeli Shiba Inu atau Bitcoin di OKX, pengguna harus menyelesaikan proses verifikasi terlebih dahulu.

Anda harus memberikan nama lengkap, kewarganegaraan, tanggal lahir, dan nomor identifikasi dokumen.

Langkah 3 : Lakukan Deposit

Untuk melakukan deposit, Anda harus masuk ke dasbor akun Anda lalu pilih deposit, Ada beragam metode pembayaran yang bisa Anda pilih seperti kartu kredit/debit, dompet crypto hingga transfer bank.

Langkah 4: Beli Crypto Dengan Pasangan USDT

OKX memungkinkan para trader untuk membeli mata uang crypto melalui pasangan perdagangan USDT, misalnya BTC/USDT atau TAMA/USDT. Jadi, trader harus memiliki USDT di akun mereka terlebih dahulu.

Anda bisa mencari token USDT di kolom pencarian lalu klik ‘Beli Crypto’ di kiri atas layar Anda dan pilih metode perdagangan pilihan Anda. Setelah itu carilah crypto yang Anda inginkan dengan pasangan USDT, misalnya ETH/USDT atau BTC USDT lalu klik ‘Beli Crypto’.

Aset kripto adalah produk investasi yang tidak diatur yang sangat tidak stabil.

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui bahwa investasi pada cryptocurrency merupakan investasi dengan risiko tinggi. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, akan lebih bijak jika Anda mempelajarinya terlebih dahulu.

Namun jika Anda tidak ingin terlibat secara aktif dalam trading, maka Anda bisa memilih untuk melakukan staking ataupun farming pada mata uang crypto yang memiliki fundamental yang cukup kuat seperti Bitcoin ataupun Ethereum.

Dan bagi pemula yang tertarik untuk investasi dan trading crypto, maka Anda bisa memulainya dengan cara menemukan broker ataupun crypto exchanger yang sudah teregulasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dana investasi Anda. OKX merupakan salah satu crypto exchanger yang terpercaya.

Crypto exchanger ini bahkan memiliki lebih dari 350 aset crypto yang siap untuk diperdagangkan. Namun jika Anda tertarik untuk berinvestasi lebih awal dalam proyek crypto, ada beberapa proyek crypto yang cukup potensial. Proyek ini masih dalam tahap presale seperti Calvaria, Dash 2 trade ataupun RobotEra.

Dan sebagai trader Anda harus memahami cara trading dengan benar dan juga mengetahui strategi trading yang cocok bagi Anda. Jika Anda seorang trader yang kuat dalam melakukan analisis, maka Anda bisa menggunakan strategi trading jangka pendek atau menjadi trader harian. Namun jika Anda adalah seorang pemula akan lebih baik jika Anda melakukan trading jangka panjang dengan memilih mata uang crypto yang memiliki fundamental yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button